Sabtu, 06 Agustus 2016

KEGIATAN OUTBOUND KE JURANG DOANK

Outbound adalah kegiatan di alam terbuka merupakan sarana penambah wawasan pengetahuan dan keterampilan anak yang di dapat dari serangkaian pengalaman berpetualang sehingga dapat memacu semangat dan kreatifitas.

Outbound merupakan perpaduan antara permainan sederhana, permainan ketangkasan dan olah raga serta diisi, kerjasama dengan petualangan-petualangan. Hal ini yang akhirnya membentuk adanya unsur-unsur ketangkasan dan kebersamaaan serta keberanian dalam memecahkan masalah. 
Outbound sebagai permainan kecerdasan karena sebagai sarana untuk melatih dalam mengembangkan fungsi mata, telinga dan latihan otot. Bagi Anak Berkebutuhan Khusus outbound dapat melatih memfokuskan diri dalam memecahkan masalah saat kegiatan berlangsung dan mewujudkan rasa percaya diri. Outbound juga memberi pengaruh dalam pengembangan kreatifitas dalam menentukan keputusan yang akan diambil. Misalnya anak menjadi lebih konsentrasi dalam mendengarkan setiap instruksi yang diberikan guru dalam setiap outbound.




Proses belajar dengan outbound pada Anak Berkebutuhan Khusus di Tootie Kidz Center (TKC) disesuaikan dengan Program Kegiatan Pendidikan Inklusi yang mendorong proses tumbuh kembang anak, dilaksanakan setiap tahun minimal sekali diikuti oleh siswa dari kelas khusus dan program terapi reguler. 

Kegiatan outbound ini sebagian besar aktivitasnya merupakan aktivitas fisik dapat juga disebut permaianan yang bersifat petualangan meliputi ice breaking, flying fox, menangkap ikan, memandikan kerbau, naik perahu karet dan permainan yang memerlukan konsentarasi. Secara keseluruhan kegiatan ini sebagai sarana generalisasi pembelajaran ( terapi ) yang didapat selama ini, yaitu kematangan area vestibular, tactile, propioseptif serta kemampuan sosialisasi dan kerjasama pada anak.

Metode yang digunakan dalam outbound ini adalah belajar melalui pengalaman (exsperiental learning), pelaksanaan kegiatan belajar dengan outbound pada Anak Berkebutuhan Khusus disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan resiko pada masing-masing individu. Mereka dapat belajar secara alami dan bersosialisasi dengan lingkungannya di kegiatan outbound.






Kegiatan belajar di alam terbuka seperti outbound bermanfaat :
  1. menambah pengalaman baru
  2. membangun rasa keberanian, kebersamaan
  3. komunikasi yang efektif antar sesama
  4. bertindak sesuai dengan situasi dan kondisi
  5. memahami setiap kelebihan maupun kekurangan yang ada pada dirinya maupun orang lain
  6. dapat menumbuhkan rasa saling menghargai antara Anak Berkebuntuhan Khusus dan siswa reguler









Tidak ada komentar: